Kisah Ayah, Anak dan Seekor Keledai

Dahulu kala, ada seorang ayah yang bernama Luqmanul Hakim. Pada suatu hari, sang ayah mengajak anaknya pergi ke pasar untuk menjual seekor keledai. Merekapun lalu pergi ke pasar bersama-sama.

Karena keledai itu kecil, maka sang ayah meminta anaknya untuk naik ke atas keledai, sementara dia sendiri berjalan di sampingnya sambil menuntun leher keledai itu. Di tengah jalan mereka bertemu dengan seseorang. Lalu orang tersebut berkata,”Alangkah tidak sopannya anak ini. Dia enak-enakkan naik keledai, sementara ayahnya hanya berjalan kaki.”

Mendengar perkataan itu sang anak lalu turun dari keledai dan meminta ayahnya untuk naik. Beberapa saat kemudian mereka bertemu dengan orang lain lagi dan orang itu berkata,”Betapa teganya orang tua ini. Dia naik keledai sementara anaknya yang masih kecil dibiarkan berjalan kaki.”

Mendengar perkataan ini sang ayah berkata,”Nak, mari, naiklah keledai ini bersama ayah.” Lalu mereka berdua naik keledai itu bersama-sama. Kemudian mereka bertemu seseorang lagi dan orang tersebut berkata,”Kasihan, keledai sekecil itu dinaiki oleh dua orang.”

Mendengar ini mereka berdua lalu turun dari keledai dan hanya berjalan kaki. Ketika mendekati pasar, mereka bertemu dengan seseorang dan orang itu berkata,”Mengapa kalian berdua tidak memanfaatkan keledai itu, untuk apa kalian berjalan kaki jika ada keledai yang bisa kalian naiki?”

Sampai di sini sang ayah lalu berhenti dan berkata kepada anaknya,”Nak, Lihatlah, jika kita hanya menuruti perkataan/pikiran orang lain, maka tidak akan pernah ada habisnya dan bingunglah kita jadinya.

One thought on “Kisah Ayah, Anak dan Seekor Keledai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s